Assalamu’alaykum book lovers, selamat hari Raya Idul Adha 1443 H, semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bertakwa dan bertambah ketaatan kepadaNya.

Oya kemarin, tgl 6 Juli 2022 komunitas BacaYuk menyelenggarakan tantangan membaca nyaring untuk peserta yang berusia 7 – 12 tahun. Acara yang bertajuk Ksatria dan Srikandi Buku; Festival Membaca Nyaring Anak-anak ini dihelat melalui virtual zoom meeting dan diikuti oleh anak-anak dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara dibuka dengan tilawah yang dilantunkan anak-anak dengan surah pilihannya yakni Al Alaq, dimana surah ini merupakan satu surah yang memerintahkan kita untuk IQRO, yakni bacalah. Acara kemudian dilanjutkan dengan inspirational speech dari penulis kegemaran anak-anak, Pak Sayf Muhammad Isa, yang membagikan pengalaman beliau bagaimana memperoleh ide sebelum memulai menulis, yakni dengan banyak membaca buku. “Bacalah! Bukan tontonlah!” pesan beliau.

Memasuki inti acara yang disiarkan live melalui fanpage resmi komunitas BacaYuk, tiap anak secara bergantian membacakan buku pilihannya dengan nyaring. Judul buku yang dibacakan juga bervariasi, ada yang bercerita tentang makanan khas daerah, fabel anak, sampai cerita tentang motivasi dan pengembangan diri. Tentunya semua buku yang dipilih sudah melalui proses seleksi yang sesuai dengan usia anak ya book lovers.

Tak lupa ada door prize yang dibagikan panitia untuk para peserta. Alhamdulillah, acara yang berlangsung selama dua jam ini sangat menghibur anak-anak, terbukti saat sesi pesan kesan di akhir acara, banyak permintaan yang masuk baik itu dari anak-anak maupun orang tua pendamping untuk menyelenggarakan lagi acara yang serupa untuk meningkatkan minat literasi pada anak.

Semoga komunitas BacaYuk bisa mewujudkan keinginan book lovers ini ya! Salam Literasi. (uf)

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share