Judul: The Danish Way of Parenting, Rahasia Orang Denmark Membesarkan Anak

Penulis: Jessica Joelle Alexander & Iben Dissing Sandahl

Penerbit:| B first

Tahun Terbit: 2018

Tebal: 184 hlmn

ISBN: 978-602-426-094-1

Peresensi: @Kiikhy

Pernah gak mendengar bahwa adalah orang Denmark adalah orang yang paling bahagia di dunia? Apa yang membuat anak-anak dan orang tua di Denmark menjadi orang yang paling bahagia di bumi?
Nah, atas dasar inilah buku ini dibuat. Jessica, seorang warga negara Amerika menikah dengan suaminya yang berasal dari Denmark bekerjasama dengan seorang psikoterapis Denmark untuk mencari jawaban atas pertanyaan ini.

Lalu, apa serunya buku yang bahkan sudah dibedah oleh seorang Professor di kelas-kelas Perguruan tinggi ini?

Walaupun judulnya adalah buku Parenting, tapi buku ini tidak langsung memberikan tips-tips praktikal untuk pembaca tapi lebih jauh dari itu, buku ini membahas filosofi dibalik tindakan-tindakan orang Denmark dalam menjalani kehidupan dan meraih kebahagiaan. Ada banyak teori yang disisipkan dalam buku ini. Menjadi baik karena menambah pengetahuan kita secara umum, tapi bagi yang butuh bacaan ringan buku ini jadi agak berat untuk dilahap dengan cepat ☺️

“Kadang kita lupa bahwa cara mengasuh anak, layaknya seperti cinta, adalah kata kerja*. Perlu usaha dan kerja untuk memberikan hasil yang positif.” – hal.6

Menurut penulis, ada banyak kesadaran diri yang perlu dilibatkan untuk menjadi orang tua yang baik. Kita perlu melihat apa pembawaan alami kita yang kebanyakan diturunkan dari orang tua. Pembawaan alami adalah tindakan dan reaksi yang kita lakukan ketika terlalu lelah untuk memilih cara yang lebih baik.

Saya belum pengalaman menjadi orang tua, dan buku ini menyadarkan saya bahwa untuk menjadi orang tua yang baik yang perlu saya lakukan adalah mengenal diri sendiri dan mencari bagian mana yang belum baik dan perlu diperbaiki, sebelum dan selama saya menjadi orang tua nantinya. Betapa tidak mudah ya, menjadi orang tua. Buku ini tidak menyebutkan bahwa pengasuhan ala orang Denmark adalah yang terbaik, tapi bisa jadi membuat kita menjadi pribadi yang memutuskan untuk berubah menjadi lebih baik dengan metode yang sudah dicoba oleh para orang tua di Denmark selama lebih dari empat puluh tahun.

Metode ini disingkat menjadi PARENT:
1. Play (bermain)
2. Authenticity (autentisitas)
3. Reframing (memaknai ulang)
4. Emphaty (empati)
5. No ultimatum (tanpa ultimatum)
6. Togetherness (kebersamaan)

Kalau dibahas di sini akan panjang sekali ya rasanya. Silahkan dibaca sendiri buku yang menurut saya sangat mind blowing ini. Bagian yang saya suka dalam buku ini adalah bahasanya yang lumayan santai, terjemahan pas dan di setiap akhir bab ada tips singkat tentang metode Parent tersebut yang dapat langsung dipraktekkan orang tua.

Saya yakin tidak ada metode pengasuhan yang terbaik, yang ada adalah metode pengasuhan yang paling pas dan sesuai dengan kepribadian kita. Menjadi orang tua juga tidak perlu sempurna, tidak mungkin tanpa kesalahan, karena kita semua dapat bertumbuh bersama pasangan dan anak-anak menjadi lebih baik setiap harinya.

“Happy kids grow up to be happy adults who raise happy kids, and so on” – Hal. xxiii

Happy reading! 📚

 

 

Kredit foto: @Kiikhy (doc. pribadi)

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share