#ResensiDesember2020

Armada Matahari : Kekuatan Diplomasi Cheng Ho Membuka Jalur Sutra*

Judul: Armada Matahari
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Penulis: Ali Ghanim al-Hajri
Halaman: 208 hlm
ISBN: 9786020646503
Jenis Cover: Hard Cover
Peresensi: Alga Biru

Butuh bacaan novel sejarah? Saya merekomendasikan buku ini untuk dinikmati pada akhir tahun. Dari sisi kuantitas, tergolong tipis dengan tampilan cantik baik halaman muka dan kemasannya (hard cover).

Berkisah tentang Syamsuddin alias Cheng Ho yang berlayar menuju kota Zhofar guna membuka Jalur Sutra. Kunjungan diplomasi ini sangat berkaitan dengan lobi politik internasional dan pengadaan perjanjian-perjanjian strategis. Jika titik-titik pelayaran penting ini berhasil disepakati, salah satunya lewat jalan damai, tentu sangat berefek bagi jalur perdagangan dan penyebaran peradaban.

Perjalanan Syamsuddin tidaklah selalu mulus. Tentu ada saja pihak yang tidak sepakat dan ingin meraup keuntungan besar bagi dirinya sendiri. Di sinilah karakter kepemimpinan Syamsuddin dan pembesar-pembesar kabilah benar-benar diuji. Apakah setia pada kesepakatan awal ataukah mengkhianatinya.

Pesona dari novel ini terletak dari gaya bertutur pengarangnya yang sangat lembut dan bernas. Semakin jarang kita temukan pengarang yang mengkombinasikan pengetahuan sejarah, imajinasi dan seni berbahasa.

Pembaca diajak melihat bagaimana para pembesar suatu kaum bersikap, membicarakan nasab dan karakter unik mereka. Novel ini sangat layak untuk dinikmati dan dipelajari mengingat banyaknya wawasan yang diberikan pengarangnya. Selamat membaca! [] Alga Biru

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share