Judul Buku: Menjadi Orangtua Ada Strateginya: Cara Mudah & Santai Mendidik Anak
Penulis: Adele Faber & Elaine Mazlish
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2020
Alihbahasa: Lina Jusuf
Tebal: 120 halaman
Peresensi: Hafizh Fauziyah

“Singkat, padat, jelas, dan menginspirasi, “Menjadi Orangtua Ada Strateginya” bisa dijadikan pegangan untuk para orangtua sibuk yang ingin bereksperimen dan mempraktikkan apa-apa yang harus dilakukan untuk mendidik anak-anaknya dengan cara yang mudah dan santai.”

Katanya, menjadi orangtua itu nggak ada sekolah formalnya, benarkah demikian? Namun menjadi orangtua bisa dipelajari dari pengalaman dan atau buku bacaan. Salah satunya buku ini.

Buku ini merupakan ringkasan dari seminar dan workshop yang diadakan penulis, tentang bagaimana strategi menjadi orangtua. Terdiri dari 2 bagian; penjelasan strategi dan tanya jawab.

Pada bagian pertama, terdapat 5 subbab mengenai strategi menjadi orangtua. Ada tentang perasaan, adalah tentang anak-anak ingin kita tahu bagaimana perasaan mereka. Caranya, bantu mereka menamai perasaannya, lalu pahami perasaan mereka.
Contohnya: “Gambar yang kubuat ini jelek”
Tak Membantu: “Bagus, Kok!”
Membantu: “Kamu tidak terlalu puas dengan hasil menggambarmu, ya?”

Deskripsikan dan pahami perasaannya.

Yang kedua adalah tentang bagaimana membuat anak menurut dengan kita. Terkadang kita terlalu menuntut anak untuk menurut dengan yang kita mau, sebelum menjelaskannya dan melibatkannya dalam memecahkan masalah.

Masih ada beberapa strategi lainnya. Mudah diaplikasikan, tidak hanya kepada anak, tapi juga terhadap orang dewasa.

“Setiap pagi aku bersumpah bahwa hari ini akan berubah. Hari ini aku akan menjadi orangtua yang baik, sabar, penyayang. Dan setiap pagi aku menjadi seperti orang gila mengerikan yang suka berteriak-teriak.” (hal 59)

#ResensiOktober2020

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share