#ResensiOktober2020

Judul: 365 Kisah Teladan Islam
Penulis: Ariany Syurfah, M. Hum, M. Ag
Penerbit: Penebar Swadaya
Tebal: 312 halaman

Peresensi: @mylucky0606 L. Yuniasari

Sebelum melahirkan putra pertama kami, saya dan suami sepakat bahwa salah satu harapan terbesar kami kelak adalah menjadikan anak kami insan yang tertarik dengan literasi dan sastra, juga budaya membaca.

Salah satu cara yang kami lakukan adalah dengan membacakan dan terus memperkenalkan buku bacaan kepada anak kami, mulai dari buku bantal hingga buku cerita soft cover pun juga hard cover.

Belum genap satu tahun atau 365 hari usia anak kami, namun izinkan saya memperkenalkan buku ini…

Sebagaimana judul yang tertulis jelas pada halaman utama buku ini, ada 365 kisah singkat yang dapat menjadi santapan bagi buah hati.

Dilengkapi dengan ilustrasi, berbagai macam kisah dalam buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana, mudah dicerna, pokoknya nggak bertele-tele.
Tiap kisahnya dituangkan hanya dalam ½ – 1 halaman saja. Bagi saya pribadi ini menarik karena dengan sedikitnya halaman membuat kami, orangtua, jadi ngga punya alasan untuk lupa atau enggan membacakan. Lha wong waktu untuk membacakan ngga akan lama karena halamannya sedikit

Kebiasaan serta pembiasaan yang ingin diterapkan pada anak bermula bagaimana kebiasaan tersebut dibiasakan oleh orang tuanya.. hingga pda akhirnya menjadi terbiasa tentunya. Dan ini salah satu wujud pembiasaan bagi diri saya pribadi, dengan membiasakan untuk membaca buku setiap harinya sekalipun istilahnya tidak sampai satu halaman.

🙂

Oiya!
Hal menarik lainnya pada buku ini adalah adanya rekomendasi bacaan untuk dibaca setiap harinya. Daftar isi dalam buku ini memuat nama-nama bulan serta rekomendasi judul-judul mana yang dapat dibaca(kan) setiap minggunya.

Bagi saya pribadi, buku ini dapat menjadi “pegangan” yang pas bagi orangtua yang ingin memberikan motivasi serta pembiasaan membaca pada anak sedari diri. Terlebih lagi, kisah-kisah yang diceritakan di dalamnya berkaitan dengan sejarah Islam hingga adab dan kebiasaan sehari-hari.

Jadi, tertarik untuk membacanya?
_

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share