#ResensiOktober2020

Judul: Jejak Kekhalifahan Turki Utsmani Di Nusantara
Penulis:Deden A.Herdiansyah
Tebal:240 Halaman
Penerbit:Pro-U Media
ISBN:978-602-7820-78-4
Peresensi:Imas Sunengsih

Buku ini membuat terbuka mata kita, bahwa ada hubungan erat antara kekhilafahan Turki Utsmani dengan Nusantara. Sebagai penguasa dunia Islam, Turki Utsmani telah memberikan pengaruh yang kuat terhadap wilayah-wilayah Islam yang tersebar di tiga benua ( Asia,Afrika,Eropa), baik dalam konteks politik,militer, maupun budaya.

Kebesaran dan kewibawaannya menjadi tonggak harapan bagi bangsa-bangsa muslim yang berhadapan dengan kekuatan negara-negara imperialis Eropa. Turki Utsmani melalui utusan yang di kirim ke aceh dan jawa tampil dalam citra keagungan yang dikagumi sehingga pengaruhnya merasuk dalam karya-karya sastra, politik dan perjuangan.

Awal abad ke 20 masih di dapati jejak-jejak Turki Utsmani di Indonesia, yakni ketika rakyat Indonesia tengah berjuang meraih kemerdekaannya. Di dalam buku ini di lampirkan buktinya seperti surat-surat.

Hubungan yang terjalin masa lalu, masih tetap dijaga dalam ingatan sejarah bangsa dan pernah mewarnai sejarah perjuangan bangsa. Indonesia merupakan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia, patut bersyukur pernah merasakan ada dalam naungan kekhilafahan Islam, Turki Utsmani.

Tidak kah kita rindu pada Khilafahan yang kini sudah tidak ada?. Tapi In Syaa Allah Khilafah Ala minhaj Nubuwwah akan kembali tegak yang ke-2, atas izin Allah Swt.

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share