Kasus aneh Dokter Jekyll dan Tuan Hyde bermula dari cerita Richard Enfield pada temannya seorang pengacara bernama Gabriel John Utterson tentang peristiwa penyerangan mengerikan. Kejadiannya bermula ketika tengah malam seorang gadis bertabrakan dengan seorang laki-laki yang menyeberang jalan. Sebelum gadis itu sempat meminta maaf, laki-laki itu memukulnya dengan brutal. Tak lama, tetangga dan ayahnya langsung mengepung jalanan itu setelah mendengar teriakan si gadis. Saat itu, lelaki berperawakan monster itu menawarkan uang pada ayah si gadis dengan beberapa emas dan menuliskan sisa pembayaran dalam bentuk cek.

Selesai bercerita Mr. Enfield kemudian menunjukkan rumah di mana lelaki kasar itu mengambil emas dan ceknya, dan menyebut nama lelaki itu dengan Edward Hyde. Janggal bagi Mr. Utterson, karena ia mengetahui bahwa yang tinggal dirumah itu adalah dr. Jekyll, seorang sahabat sekaligus kliennya. Namun, Enfield mengatakan bahwa di dalam cek itu juga tertulis nama dr. Jekyll.

Utterson bergegas pulang dan mencari wasiat yang pernah ditulis dokter sekaligus sahabatnya itu, Henry Jekyll. Surat wasiat itu kurang lebih berbunyi:

“Jika suatu waktu aku tiada, karena kematian atau sebab lainnya, aku Dr. Henry Jekyll memberikan seluruh harta dan property pada Mr. Edward Hyde.”

Berbekal detail surat wasiat itu, Mr. Utterson kemudian mulai menyelidiki Mr. Hyde, orang yang tidak pernah ditemuinya tapi namanya menjadi satu-satunya penerima warisan sahabatnya yang kaya raya.

Mr. Utterson terperangah dan ngeri saat bertemu dengan Edward Hyde, dan sekaligus penasaran mengapa sahabatnya terlibat dengan orang seperti itu. Bahkan keesokannya saat menemui dr. Jekyll, ia juga mendapati sahabatnya bersikap tidak biasa. Setelah hari itu, berbulan-bulan Mr. Hyde hilang bagai ditelan bumi hingga terjadi kasus pembunuhan sadis sahabatnya yang lain, Dr. Hastie Lanyon yang juga sahabat Dr. Jekyll. Ada yang mengejutkan di sana, senjata pembunuh yang ditemukan di lokasi adalah tongkat yang sangat dikenalnya. Milik dokter Jekyll.

Apa yang sebenarnya terjadi? Benarkah Dr. Jekyll yang membunuh Dr. Lanyon? Dan Apa hubungan Dr. Jekyll dan Mr. Hyde?

***

Cerita dalam komik ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, The Strange Case of Dr. Jekyll & Mr. Hyde yang ditulis oleh penulis asal Skotlandia, Robert Louis Stevenson, dan diterbitkan pertama kali pada tahun 1886. Saya baru menyadari pengucapan asli Jekyll adalah “Jikal”, pengucapan yang digunakan di Skotlandia, tanah kelahiran Stevenson. Pengucapan yang berbeda dengan tulisan.

Komik legendaris ini bergenre misteri-psikologi tentang dualitas manusia yang dalam dunia psikologi merujuk pada gangguan kepribadian ganda. Carl Bowen sebagai pencerita ulang dan illustrator Daniel Perez yang berada di belakang terbitnya komik ini mengambil poin-poin yang cukup menarik untuk dibaca berbagai usia.

Judul buku: Graphic Revolve THE STRANGE CASE OF DR. JEKYLL & MR. HYDE  (Kasus Aneh Dr. Jekyll & Tuan Hyde)
Penulis: Robert Louis Stevenson
Diceritakan Ulang: Carl Bowen
Ilustrasi : Deniel Perez
Alih Bahasa : Irianto K.
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit: 2011
Jumlah halaman: 72 halaman
ISBN: 978-602-0011-57-8
Peresensi : Priscilla A.

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share