Judul buku : Yuk, jadi Orangtua Shalih! Sebelum meminta Anak Shalih Seri#1
Penulis : Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari
Penerbit : PT. Mizan Pustaka
Tahun terbit : cetakan IV, April 2017
ISBN 978-602-1337-52-3
Peresensi : Nunik indah watie

Orangtua biasa, memberi tahu …
Orangtua baik, menjelaskan …
Orangtua bijak, meneladani …
Orangtua cerdas, menginspirasi…

Mau jadi orangtua seperti apakah kita???

Di dunia ini, satu-satunya pekerjaan paling menantang dan tidak dibayar, bahkan jarang mendapatkan penghargaan atau ucapan terima kasih, adalah menjadi orangtua. Tugas orangtua tidak berhenti setelah menyediakan rumah, pangan, dan sandang. Ada jiwa-jiwa muda yang membutuhkan kehadiran kita seutuhnya, lahir dan batin. Kita berkewajiban 24 jam sehari dalam seminggu untuk menjadi pencari nafkah, guru, juru masak, baby sitter, entertainer, juru damai, pendengar setia, sopir, perawat, motivator, bodyguard, dan profesi-profesi lainnya.

Dari sebelum menikah dan punya anak, saya banyak belajar dan melihat sekeliling bagaimana para orangtua membesarkan dan mendidik anak2 nya. Banyak pengalaman dan pelajaran yg bisa dipetik untuk kemudian diingat dan diaplikasikan dalam kehidupan saya setelah menikah dan punya anak. Meskipun tidak akan pernah sama apa yang dialamin setiap keluarga. Oleh sebab itu, saya butuh banyak rekomendasi buku-buku tentang bagaimana cara mendidik, membesarkan, mengasuh, mengajarkan, dan membersamai anak-anak.

Saya adalah orangtua yang butuh belajar sebelum saya mengajarkan anak-anak saya kelak. Dan buku ini menjadi salah satu panduan saya untuk terus belajar bagaimana menjadi orangtua, tentunya bukan sekedar menjadi orangtua biasa, karena saya ingin menjadi orangtua yg terbaik, bagi anak-anak saya tentunya ☺☺☺ (Aamiin) .

Buku ini berisi tentang bagaimana ayah-bunda bisa menjadi orangtua shalih dengan cara memaksimalkan lima karunia yang telah dimiliki: karunia belajar, karunia konsistensi, karunia kiblat, karunia mendengarkan, dan karunia al-shaffat.

Didalam buku ini dijelaskan juga bagaimana langkah-langkah yang dilakukan orangtua menuju perubahan, guna menjadi orangtua shalih, bagaimana proses perkembangan anak (perkembangan fisik, mental, sosial, dan emosi), bagaimana cara anak belajar, dan bagaimana kita harus bersikap ketika kita mendampingin dan membersamai anak-anak.

Sebenarnya saya jauh lebih ingin mengikuti PSPA (Program Sekolah Pengasuhan Anak) daripada hanya dapat membaca buku Abah Ihsan, konon banyak orangtua yang terinspirasi dan berhasil berubah menjadi lebih baik setelah mengikuti program tersebut. Semoga Allah perkenankan saya menjadi orangtua terbaik untuk anak-anak saya, dengan atau tanpa mengikuti PSPA, kiranya saya tak akan henti untuk selalu belajar menjadi orangtua yang dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak saya kelak.

0 Shares
Tweet
Share
Pin
Share